CARA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DENGAN DOMAIN SECARA CEPAT

Foto : APJII

Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat pengguna internet cukup besar.  Menurut data APJII pada tahun 2018 indonesia memiliki pengguna internet 171,17 juta jiwa dari total penduduk indonesia yang mencapai 265,16 juta jiwa (64,8%). Dari 64,8% jumlah pengguna internet di Indonesia, mayoritas penggunanya merupakan kaum milenial dengan penetrasi tertinggi pada umur 15-19 tahun dengan penetrasi 91%.  Sehingga fungsi internet sangat berdampak dalam perkembangan di Indonesia, terutama dalam peningkatan di bidang pemasaran atau dalam hal ini biasa disebut internet marketing.

Pernah suatu waktu, saya pergi ke sebuah seminar tentang internet marketing untuk meningkatkan penjualan di dunia maya dengan pasar kaum milenial. Salah satu pembicara yang merupakan salah satu internet marketing tersohor di Indonesia. Si pembicara tersebut selalu menekankan pembuatan domain untuk meningkatkan omset penjualan. Dengan penjelasan pengalaman  beliau yang awalnya berbisnis secara offline dan akhirnya omsetnya melejit dengan menggunakan domain. 
Secara singkat, domain adalah alamat dari sebuah website. Nama domain inilah yang akan digunakan oleh orang-orang untuk dapat mengunjungi website Anda, misalnya Facebook.com,Google.com, Wikipedia.org. Atau bisa dikatakan domain adalah ciri khas toko/online shop yang anda miliki. Domain sendiri memiliki fungsi yang lain untuk bisnis anda, berikut adalah fungsi domain yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan omset penjualan :

·         Domain Sebagai Ciri Khas Bisnis Anda
Ciri khas dapat membantu bisnis kita untuk bisa dikenal oleh kebanyakan orang. Sebagai contoh adalah domain rumahweb.com dikenal sebagai web yang menjual hal-hal supporting untuk kebutuhan web seperti domain murah dan hosting murah. Secara tidak langsung ketika kita mengingat rumahweb.com, berarti yang kita ingat adalah web yang dapat membantu kita tentang kebutuhan-kebutuhan web. Jadi, domain dapat dikatakan salah satu hal penting untuk sebagai branding bisnis anda agar dapat dikenal oleh khalayak ramai.
·         Domain Sebagai Marketplace Untuk Bisnis Anda
Marketplace bisa dikatakan salah satu metode yang dapat dikatakan terbaik. Kita dapat membuat seperti shopee/tokopedia/dll. Sehingga pembeli dapat langsung memilih produk di marketplace kita yang dibangun dengan domain. Kemudian langsung melakukan pembayaran langsung. Poin ini dapat dikatakan harus menggunakan poin pertama (Domain Sebagai Ciri Khas Bisnis Anda)
·         Domain Sebagai Profil Bisnis Anda
Hampir sama dengan menjadikan domain sebagai ciri khas bisnis, domain dapat juga sebagai profil bisnis. Anda dapat menggunakan layaknya portofolio atau katalog untuk produk ataupun profil bisnis anda langsung. Ini sangat penting bagi bisnis anda, karena dengan melakukan hal ini anda dapat meningkatkan branding bisnis anda.
·         Domain Sebagai Media Promosi
Poin terakhir ini merupakan poin yang harus dilakukan sehari-hari. Promosi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pembeli secara masif. Tanpa promosi mungkin bisnis anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pembeli. Dengan domain sendiri akan lebih mudah untuk melakukan promosi dengan cara simple misalnya dengan cara menuliskan domain anda kemudian membuat status agar yang melihat akan mengklik domain anda.

4 Poin diatas merupakan beberapa cara meningkatkan omset penjualan dengan domain secara cepat. Ada baiknya jika ingin mendapatkan omset yang besar dapat menggabungkan 4 poin diatas agar lebih banyak pembeli mengenal dan membeli produk anda. Dan jika anda menerapkan 4 poin diatas akan meningkatkan branding bisnis atau produk anda. Sehingga akan meningkatkan nilai produk atau bisnis anda. Jadi anda saya sarankan untuk menggunakan Domain Murah untuk meningkatkan omset bisnis anda dengan cepat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYI’IR, PUJIAN MENJELANG SHOLAT FARDHU (KEARIFAN LOKAL YANG MULAI PUDAR)

Rangkuman TIK Bab 3 : Akses Internet